Cleaning Service
PERSPEKTIF PERUSAHAAN
Pada era globalisasi dan modern ini, kebanyakan orang atau perusahaan dan instansi menyukai hal yang instan, cepat, hemat, dan efisien. Termasuk dalam hal kebersihan lingkungan, misalnya situasi kantor yang bersih, indah dan nyaman. Tetapi untuk menciptakan situasi kantor ( lingkungan kerja ) yang bersih, indah dan nyaman perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk pekerja dan obat – obatan untuk membersihkan setiap bagian dalam ruangan kantor dan halaman kebun atau pekarangan. Dan itu di rasa tidak cukup efektif dan hemat. Oleh karena itu, untuk menciptakan situasi kerja kantor atau ruangan atau pekarangan yang bersih, indah dan nyaman dengan praktis dan hemat, kami siap membantu dalam usaha pembersihan dan perawatan disemua bagian ruangan dan lingkungan sekitar kantor perusahaan bapak / ibu. Dengan lingkungan yang bersih, ruangan – ruangan yang bersih dan harumotomatis akan menciptakan suasana yang nyaman bagi diri orang orang yang ada disekitar seperti karyawan / pegawai, para tamu dan mitra kerja perusahaan bapak dan ibu.
PT Tritunggal Buana Sejahtera berpikir bahwa dalam mengerjakan segala sesuatu dengan baik dan hasil yang maksimal perlu memiliki landasan dalam mencapai tujuan tersebut.
Tiga prinsip dasar dari cleaning service:
1. Kebersihan.
2. Kerapian.
3. Ketelitian.
Berpedoman pada lima R dan satu T:
1. Resik: Bersih secara rasa, raba, dan pandang.
2. Ringkas: Cara kerja yang tertib dan terarah (effective).
3. Rapi: Kerapian untuk diri sendiri maupun hasil kerja.
4. Rawat: Pemeliharaan peralatan dengan seksama.
5. Rajin: Melakukan pekerjaan secara terus menerus.
6. Teliti: Melakukan pekerjaan dengan benar dan mengecek hasil kerja.
Lima sikap mental kerja:
1. Ikhlas: Dalam melaksanakan pekerjaan.
2. Jujur: Jujur dari segi keuangan dan absensi.
3. Disiplin: Dalam waktu kerja.
4. Tanggung jawab: Dalam bekerja maupun hasil kerja.
5. Loyal: Terhadap institusi dan sistem kerja.
TUJUAN
- Membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan setiap ruangan dalam gedung.
- Membantu perawatan gedung dan taman.
- Membantu membersihkan setiap ruangan dalam gedung.
- Memudahkan klien mengatasi masalah kebersihan dalam gedung maupun halaman kantor dengan praktis, mudah dan hemat.
- Menyediakan tenaga kerja yang siap pakai.
LINGKUP PEKERJAAN
A.Pemeliharaan gedung bagian dalam :
- Pembersihan plafon dari sarang laba – laba.
- Pembersihan tembok dinding dari noda – noda.
- Pembersihan pagar atau reilling dalam gedung.
- Pembersihan kap – kap lampu.
- Pembersihan smoke detector.
- Pembersihan tralis tralis dinding maupun lantai.
- Pembersihan kaca pemisah ruangan dan teralis bagian dalam.
- Pembersihan hiasan dinding.
- Pembersihan jendela kaca.
- Pembersihan Wallpaper.
Dan lain – lain berdasarkan survey lapangan, akan ditambahkan sesuai permintaan.
B.Pemeliharaan Gedung Bagian Luar:
- Pembersihan atap atau talang gedung.
- Pembersihan kaca – kaca tinggi diatas 7 meter dan tralisnya.
- Pembersihan kaca jendela dan tralisnya.
- Pembersihan halaman dari kotoran.
- Pembersihan halaman parkir, driveway, walkway.
- Pembersihan logo / papan nama perusahaan atau instansi.
- Dan lain – lain berdasarkan survey lapangan, akan ditambahkan sesuai permintaan.
C.Pembersihan dan Pemeliharaan Lantai:
- Pembersihan lantai keramik.
- Pembersihan karpet.
- Pembersihan lantai marmer.
- Pembersihan lantai – lantai lain yang berada dalam area kantor.
- Pembersihan dan pemeliharaan kaca, pintu, jendela, dinding dan pilar.
- Pembersihan kaca dari debu dan bekas noda yang lain.
- Pembersihan pintu dari kayu, kaca atau bahan lain dari debu dan noda yang menempel.
- Pembersihan jendela kaca atau dari bahan yang lain dari noda yang menempel.
- Pembersihan pilar kayu atau stainless.
D.Pemliharaan Toilet:
- Pembersihan plafon dari sarang laba – laba.
- Pembersihan dinding dari noda sabun dan bercak air.
- Pembersihan accesories dalam kamar mandi.
- Pembersihan dan pengisian handsoap, gallondispenser.
- Pembersihan meja wastafel.
- Pembersihan closet jongkok maupun duduk dan urinnoir.
- Pembersihan dan polishing dengan nylon brush lantai dan dinding toilet.
E.Pembersihan Accesories Kantor :
- Pembersihan meja kerja.
- Pembersihan kursi kerja.
- Pembersihan filling cabinet.
- Pembersihan pesawat telepon dan partisi atau pemisah ruangan.
F.Pemeliharaan dan Perawatan Taman :
- Pembersihan taman dari guguran daun dan sampah – sampah.
- Perawatan taman dilakukan dengan cara menyiram tanaman 2 kali sehari, pagi dan sore.
- Perawatan taman dengan pengambilan daun – daun yang sudah menguning atau layu dan memangkas tanaman agar nampak lebih rapi.
- Menggemburkan tanaman.
- Pemberian pupuk secara periodic.
- Pemberantasan hama tanaman.
- Penggantian tanaman yang mati.
WAKTU DAN OPERASIONAL KERJA
A.Kerja pegawai dimulai satu jam sebelum jam kerja kantor antara lain :
- Pengambilan sampah sisa kemarin.
- Pembersihan meja dan kursi pegawai yang akan ditempati.
- Menyapu dan mengepel lantai.
- Pembersihan toilet.
- Pemberian pengharum ruangan.
- Pemberian pengharum telepon.
- Pembersihan daun pintu.
B.kerja pegawai selama jam kerja kantor klien.
Selama jam kerja kantor klien, petugas kami selalu siap di tempat, untuk membersihkan lobby kantor, koridor ruangan, membersihkan toilet setelah dipakai tamu atau karyawan, halaman atau lantai untuk pejalan kaki, reiling, dan pengambilan sampah pada jam istirahat.
C.Kerja pegawai satu jam setelah jam kantor klien berakhir diantaranya :
- Mengambil sisa sampah yang tersisa selama jam kerja.
- Membersihkan meja dan kursi.
- Menyapu dan mengepel lantai.
- Membersihkan toilet.
- Dan lain – lain.
Jumlah petugas yang ditempatkan ditentukan oleh kebutuhan kantor atau instansi serta berdasarkan kesepakatan dengan klien.
FASILITAS
- Peralatan kebersihan dan perawatan serta obat – obatan yang digunakan dapat disediakan oleh klien ataupun kami yang sediakan. Seperti sapu, nylon, sekrop, dust pan, kape, selang, timba, pupuk, chemical atau bahan pembersih, tissue roll, tissue facial, kamper ball/ pipih, pengharum ruangan, pengharum telepon, handsoap, hand tool, keset, keranjang sampah terbuka dan tertutup dan lain lain.
- Perawatan yang bukan tugas harian akan dijadwalkan berikutnya.
- Setiap karyawan yang ditugaskan di klien diikutsertakan dalam program BPJS ( badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja dan kesehatan )
SISTEM KERJASAMA
Sistem kerjasama yang kami tawarkan adalah sistem kontrak. Kontrak kerjasama berlaku sesuai permintaan klien, misalnya 6 bulan atau 1 tahun, dan seterusnya. Segala peraturan yang berlaku akan disesuaikan dengan surat perjanjian yang dibuat setelah kerjasama terjalin. Perihal lain – lain akan dibahas dikemudian hari.
HARGA
Harga yang dikenakan pada klien akan diajukan berdasarkan survey dan kebutuhan klien.
S.O.P (Standart Oprational Prosedur) cleaning service.
Standart operational prosedur meliputi:
- Penampilan karyawan.
Bertujuan agar karyawan dapat menunjukan jati diri perusahaan melalui atribut yang dipakai dan memenuhi standart professional.
- Sweeping dengan sapu
Bertujuan membersihkan lantai dan kotoran sampah-sampah kecil pada area-area yang tidak dapat dibersihkan atau dijangkau oleh lobby duster.
- Sweeping dengan lobby
Bertujuan membersihkan permukaaan lantai luas, kering, dan licin dari kotoran dan debu.
- Sweeping dengan sapu lidi.
Bertujuan membersihkan lantai concerate dan conblock dari kotoran dan sampah lepas.
- Pengepelan
Membersihkan lantai dari kotoran dan noda yang melekat.
- Dry Buffing.
Bertujuan menjaga agar lantai granit, marmer, terazo, keramik serta lantai lainnya tetap kilap.
- Pencucian lantai (washing).
Bertujuan membersihkan permukaan lantai rata dari kotoran dan noda.
- Penggunaan alat (water jetting/water jet sprayer).
- Penyikatan lantai (brushing).
Bertujuan mengangkat kotoran dari permukaan lantai yang tidak rata.
- Pembersihan lantai (scrubbing).
Bertujuan membersihkan permukaan lantai yang luas dari kotoran dan noda yang melekat.
- Pengupasan pelapis lantai vynil (stripping).
Bertujuan mengupas lapisan lama pada lantai vinyl.
- Pelapisan lantai vynil (coating).
Bertujuan melindungi dan mengkilapkan permukaan lantai vynil dengan cara melapisnya dengan wax.
- Pencucian lantai marmer (marble stripping).
Bertujuan membersihkan permukaan lantai marmer dari kotoran dan noda, kristalisasi marmer dan bertujuan mengkilapkan permukaan lantai marmer.
- Pengupasan pelapisan lantai expoxy (stripping lantai expoxy).
Bertujuan mengupas lantai lama pada lantai expoxy.
- Pembersihan toilet (toilet cleaning).
Bertujuan membuat toilet tetap bersih, kering dan tidak berbau.
- Pembersihan kaca.
Bertujuan membersihkan permukaan kaca agar tetap mengkilap.
Merupakan proses membersihkan debu dan kotoran kecil dari permukaan seperti furniture, dinding, list dan accecories lainnya.
- Carpet Spotting.
Bertujuan membersihkan noda pada permukaan lantai karpet.
- Carpet Shampooing.
Bertujuan membersihkan lantai karpet dari bercak, kotoran dan noda.
- Pembersihan outdoor dengan scaffolding/steger.
Bertujuan membersihkan kaca luar gedung dengan tidak memakai gondola dan ketinggian maximal 10 meter.
- Pembersihan outdoor dengan gondola.
Bertujuan membersihkan kaca luar gedung/alucobon dengan ketinggian gedung diatas 10 meter atau tidak dapat dijangkau dengan scaffolding.
- Pembersihan dengan tangga.
Bertujuan untuk pembersihan diatas jangkauan normal pekerjaan/posisi diatas.
- Pembersihan saluran air (got).
Bertujuan menjaga agar got/saluran air tidak mampet dan bersih dari kotoran.
- Pemotongan rumput.
Bertujuan merapihkan rumput halaman dan taman, dengan mesin pemotong agar terjaga keindahannya.
- Pembuangan sampah.
Bertujuan mengumpulkan/membuang sampah dari tempat pengumpulan sampah (tempat sampah) ke tempat pembuangan akhir milik gedung.
- Standart schedule
- Standart check list
- Penerimaan calon tenaga kerja (Recruitment).
- Kepegawaian seperti jam kerja, absensi, pengajuan cuti.
- Pembayaran gaji, lembur, THR dan jaminan sosial tenaga kerja